Perilaku dan Masyarakat

Nama:Febran Sartaji
HUBUNGAN PANDANGAN HIDUP DALAM BERPERILAKU DI MASYARAKAT


           Manusia adalah makhluk sosial, artinya dalam hidupnya, manusia memerlukan kerjasama dengan orang lain. Sejak manusia lahir ke dunia mereka membutuhkan bantuan dan hubungan orang
lain agar mereka dapat tetap hidup (survival). Manusia dalam hidup di masyarakat diharapkan memiliki keterampilan dan pengetahuan yang dapat dimanfaatkan dalam hidupnya, seperti: memudahkan dalam mencari pekerjaan, berinteraksi dengan manusia lain, dan memiliki wawasan budaya lokal daerah setempat agar tidak punah. Dalam berinteraksi di masyarakat, manusia dipengaruhi oleh nilai, aturan (norma), budaya, serta kondisi geografisnya terhadap perubahan perilakunya.
Dalam hidup bermasyarakat,terutama di Indonesia kita akan bertemu dengan orang-orang dari latar belakang atau dari suku-suku yang berbeda dengan kita.Seringkali kita berfikir mengapa orang-orang dari suku yang sama akan berperilaku hampir sama dengan sesama sukunya dan juga berpandangan hidup yang sama,sehingga sebagai masyarakat multikkultural di Indonesia ini kita harus saling menyesuaikan dengan suku-suku yang lain.
Salah-satu ujian bagi orang pendatang,terutama mahasiswa yang ingin mencari ilmu dan pengalaman hidup,pergi dari daerah asal dan menuju daerah lainnya di Indonesia,biasanya akan mengalami Culture Shock karena akan melihat berbagai hal ataupun kebiasaan yang berbeda dengan yang ia alami sebelumnya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Perilaku dan Masyarakat"

Post a Comment